Project Description

 

Esaunggul.ac.id, Salah satu mahasiswa Jurusan Public Relations, Muhammad Daffa Vibranada berhasil meraih juara 3 Cultural Immersion pada Apresiasi Duta GenRe Indonesia dan Jambore Ajang Kreativitas Generasi Berencana (ADU JAK GENRE) Tingkat Nasional Tahun 2022 yang digelar BKKBN di Yogyakarta, (17-22/8/2022).

Kegiatan Apresiasi Duta Genre dan Jambore Kreativitas Remaja merupakan acara rutin untuk mempertemukan remaja usia 16-22 tahun. Kegiatan ini digelar sejak 2010 sebagai wujud komitmen BKKBN dan Genre untuk meningkatkan kualitas remaja Indonesia melalui kegiatan pemberdayaan dan pemilihan Duta Genre setiap tahunnya. Tapi kegiatan tahun ini merupakan yang pertama kali dihadirkan kembali setelah vakum 2 tahun karena pandemi.

“Saya baru di hubungi untuk bergabung mewakili DKI Jakarta H-2 Minggu pelaksanaan kegiatan tersebut, ketika mendapat kabar itu saya langsung menyetujui, karena menurut saya, kegiatan yang mempertemukan saya dengan remaja lain dari 34 provinsi tsb merupakan kesempatan besar”, ujar Daffa.

Dalam ADUJAK sendiri tidak hanya terdiri dari lomba Cultural Immersion saja, melainkan terdapat juga lomba Tiktok Challenge, lomba Duta Sosial Media Inspirator Putera dan Puteri, dan sebagainya.

Daffa menambahkan, Cultural immersion dilaksanakan di malam bakat dan budaya yang mengharuskan team membuat sebuah persembahan yang menampilkan adat, seni dan kebudayaan masing masing daerah. Kami memutuskan untuk menampilkan Lenong Betawi yang kami kemas dengan budaya modern dan tradisional.

Kegiatan ADUJAK ini diikuti oleh kurang lebih 600 orang remaja dari 34 provinsi di Indonesia  dan dalam satu team pertunjukan ditampilkan oleh 15 orang.

 

Daffa sempat menyebutkan bahwa dirinya dan team sedikit kesulitan karena pada saat itu mereka dijadwalkan tampil lewat dari tengah malam.

“Tantangan terbesar nya adalah, kita hanya boleh menampilkan persembahan dalam waktu 5 menit. Selain itu, persembahan dari daerah dan provinsi lain juga gak kalah bagus sih. Ditambah DKI Jakarta mendapatkan urutan terakhir (34) pada malam itu yang mengharuskan kami tampil pada pukul 01.00 malam, sehingga harus membuat penampilan penutup yang mengesankan,” terangnya.

Namun meski begitu, Daffa dan team berhasil membuat pencapaian yang luar biasa dengan meraih juara 3 dalam kategori Cultural Immersion.

“Sangat haru, bangga, seneng, bahagia karena ga semua orang bisa mendapatkan kesempatan besar tersebut, menurut saya bisa di bilang cuma 1 kali seumur hidup, jadi saya bangga banget,” ucapnya

Daffa pun tidak menyangka dirinya berhasil mendapatkan gelar juara karena tidak ada ambisi untuk mendapatkan gelar, dirinya hanya menampilkan penampilan terbaik selama ajang tersebut berlangsung.

“Bener bener ga nyangka sih, karena provinsi lain bener bener keren bangett, jadi kami ga ada ambisi untuk menang yang penting bisa menampilkan yang terbaik, tapi ternyata dikasih rezeki juara 3, Alhamdulillah,” ucapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Gubernur jawa tengah, Ganjar Pranowo, Ibu menteri PPAPP ibu bintang Puspayoga, sama kepala BKKBN RI Bp. Dr. (Hc) Hasto Wardoyo.