Digital Content Creation
S1 Digital Content Creation – Terakreditasi Nasional (BAN-PT)
Digital Content Creation merupakan salah satu peminatan dalam bidang ilmu komunikasi yang secara khusus mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional dalam melakukan riset, mencari, menulis, memproduksi dan mendistribusikan konten digital yang kreatif, strategis, berbasis fakta dan sesuai dengan kebutuhan industri komunikasi. Peminatan ini lahir atas respons terhadap transformasi digital di dunia jurnalistik dan perkembangan pesat platform media sosial serta kebutuhan industri terhadap talenta digital yang mampu menghasilkan konten berkualitas dan berbasis fakta.
Peminatan ini mengintegrasikan pengetahuan komunikasi khususnya bidang ilmu jurnalistik dengan keterampilan teknis seperti memproduksi konten multimedia, pengelolaan platform digital serta penggunaan kecerdasan buatan (AI) yang beretika dalam kreasi konten dan kemampuan bisnis digital. Mahasiswa akan dibekali pemahaman tentang perkembangan teknologi komunikasi, proses jurnalistik, literasi digital dan etika siber, branding media dan monetisasi konten serta analitik media digital.
Visi
Menjadi Fakultas yang unggul dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu komunikasi yang berlandaskan etika, kreativitas, inovasi, jiwa wirausaha, serta berdaya saing internasional, dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan pada tahun 2033.
Misi
- Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi di bidang ilmu komunikasi yang beretika, kreatif, inovatif, dan aplikatif di dunia industri.
- Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu komunikasi berlandaskan pemikiran kritis, analitis, etis dan berkontribusi terhadap perkembangan ilmu komunikasi.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan isu-isu komunikasi dan berorientasi pada tujuan pembangunan berkelanjutan.
- Mewujudkan lingkungan akademik yang kondusif untuk mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, membangun interaksi yang produktif serta pengembangan potensi diri mahasiswa dan dosen.
- Membangun kemitraan strategis dengan pemangku kepentingan di tingkat nasional dan internasional dalam pengembangan ilmu komunikasi.
- Menerapkan tata kelola fakultas yang responsif, akuntabel, dan berorientasi pada keunggulan mutu manajerial.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi mutakhir dengan ciri:
a. Mampu bersaing di dunia industri pada tingkat nasional maupun internasional.
b. Mampu menganalisis fenomena komunikasi serta memberikan solusi yang relevan, inovatif, dan beretika.
c. Mampu menciptakan lapangan kerja di bidang komunikasi, baik secara mandiri maupun kolaboratif, di tingkat nasional maupun internasional. - Mendorong perkembangan ilmu komunikasi melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.
- Menghasilkan dosen dengan kepakaran ilmu komunikasi yang diakui.
- Membangun dan memperluas kemitraan strategis untuk mendukung kegiatan tridharma.
Profil Lulusan
- Communication Officer:
– Social Media Specialist
– Digital Journalist - Communication Analyst
– Social Media Analyst
– Digital Data Analyst - Communication Entrepreneur:
– Content Creator
– Professional Podcaster
Kerjasama
Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:
- Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia)
- George Mason University (USA).
- BakoHUMAS
- Depkominfo
- Media On Line P21.com
- Perhumas
- PERTAMINA
- PT. Arga Bangun Bangsa
- PT. Bank Bukopin, Tbk
- PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
- PT. Bintang Advis Multimedia (Cek Ricek)
- PT. First Media, Tbk
- PT. Intellisys Tri Pratama
- PT. Jobecs Indonesia
- PT. MNC Sky Vision
- PT. Rimbun Job Agency
- Anteve
- Global TV
- Indosiar
- Metro TV
- O Channel
- RCTI
- SCTV
- TPI
- Trans 7
- Trans TV
- TV One
- TVE
- TVRI
- RRI
- Bens Radio
- Elshinta FM
- Tri Jaya FM
- detik.com
- Indopos
- Kompas
- kompas.com
- Media Indonesia
- Poskota
- Republika
- Mustika Ratu
- Adnyana Advertising
- BBDO advertising
- Dwi Sapta Advertising
- PR P&G
- PR Unilever
Download:
Dosen Pengajar :
- Agus Firmansyah, S.Sos, M.I.Kom
- Drs. A. Rahman, MS.
- Amar Nugraha, S.Sos, M.I.Kom
- Arie Nugraha, S.Sos,M.Si
- Drs. Arifin Saleh Harahap, M.Si
- Ario Pamungkas, S.Kom, M.Si
- Dr. Ballian Siregar, S.Sos, M.Si
- Bambang Sujati, SE, MM
- Bugi Satrio Adiwibowo, S.E, M.I.Kom, Ph.D
- Drs. Dani Vardiansyah Noor, M.Si
- Defri Dahler, SE, MM
- Dr. Erna Febriani, S.Si, M.Si
- Erwan Baharudin, S.Sos, M.Si
- Euis Heryati, S.Sos. MM, M.Ikom
- Euis Nurul Bahriyah, SE, M.Si
- Helmi Geisfarad, S.Sos, M.I.Kom
- Heriyanti, ST, M.Ikom
- Drs. Herry Kuswita, M.Si
- Ikbal Rachmat, ST, MT
- Indra Jaya, SE, M.Si
- Indriati Yulistiani, S.Sos, M.Si
- Irma Roosmala Dewi, S.IP,M.Si
- Ivanina Zuhdi Pane, S.Sos., M.S.
- Drs. M. Jamiluddin Ritonga, MS.
- Muh. Ruslan Ramli, S.Sos., M.Si., Ph.D
- Nilam Rakhmawati, S.Sos, M.Com
- Nur Indah Yusari, S.Pd, M.Hum
- Nuria Astagini, S.Sos, M.Si
- Paundra Jhalugilang, S.Hum, M.Si
- R. Ahmad Reza Indrayana, S.Sos, M.Ikom
- Resman Muharul Tambunan, SE, M.Si
- Safiani A. Faaroek, SE, M.Ikom
- Sahira Humaira, S.IKom, M.Si
- Sumartono, S.Sos, M.Si.
- Dr. Syahrial Syarbaini, M.A
- Syurya Muhammad Nur, S.Pd. M.Si
- Vience Mutiara Rumata, S.Sos, MGMC
- Waslam, S.S, M.Si
- Youna Chatrine Bachtiar, S.S, M.Ikom
- Yumelda Sari, , S.Sos, M.Si