Marketing Communication

S1 Marketing Communication – Terakreditasi Nasional (BAN-PT)


Program Studi Ilmu Komunikasi Peminatan Marketing Communication membekali pengetahuan tentang strategi kreatif periklanan, ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan, disain komunikasi visual periklanan, komputer disain grafis dan animasi periklanan, teknik kamera elektronik, recording dan editing, fotografi periklanan, produksi iklan cetak dan elektronik, copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya diolah menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain – lain.

Kompetisi Lulusan

Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Peminatan Marketing Communication dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk menerapkan strategi kreatif periklanan dan strategi pemasaran;  merancang ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan;  menggunakan komputer dalam membuat desain komunikasi visual, desain grafis dan animasi periklanan;  menggunakan dan memahami teknik kamera elektronik, melakukan recording dan editing, membuat fotografi periklanan, memproduksi iklan cetak dan elektronik, membuat copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya mengolahnya menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain-lain.

Visi

Menjadi Fakultas yang unggul dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu komunikasi yang berlandaskan etika, kreativitas, inovasi, jiwa wirausaha, serta berdaya saing internasional, dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan pada tahun 2033.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi di bidang ilmu komunikasi yang beretika, kreatif, inovatif, dan aplikatif di dunia industri.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu komunikasi berlandaskan pemikiran kritis, analitis, etis dan berkontribusi terhadap perkembangan ilmu komunikasi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan isu-isu komunikasi dan berorientasi pada tujuan pembangunan berkelanjutan.
  4. Mewujudkan lingkungan akademik yang kondusif untuk mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, membangun interaksi yang produktif serta pengembangan potensi diri mahasiswa dan dosen.
  5. Membangun kemitraan strategis dengan pemangku kepentingan di tingkat nasional dan internasional dalam pengembangan ilmu komunikasi.
  6. Menerapkan tata kelola fakultas yang responsif, akuntabel, dan berorientasi pada keunggulan mutu manajerial.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi mutakhir dengan ciri:
    a. Mampu bersaing di dunia industri pada tingkat nasional maupun internasional.
    b. Mampu menganalisis fenomena komunikasi serta memberikan solusi yang relevan, inovatif, dan beretika.
    c. Mampu menciptakan lapangan kerja di bidang komunikasi, baik secara mandiri maupun kolaboratif, di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Mendorong perkembangan ilmu komunikasi melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.
  3. Menghasilkan dosen dengan kepakaran ilmu komunikasi yang diakui.
  4. Membangun dan memperluas kemitraan strategis untuk mendukung kegiatan tridharma.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Ilmu Komunikasi Peminatan Marketing Communication dapat bekerja dan berkarir sebagai di biro periklanan sebagai art director, copywriter, account executive, media planner & buyer, illustrator, marketing communication, lay outer, market researcher, account planner, creative director;  dan bekerja di production house sebagai desainer grafis, dan animator.

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  1. Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia)
  2. George Mason University (USA).
  3. BakoHUMAS
  4. Depkominfo
  5. Media On Line P21.com
  6. Perhumas
  7. PERTAMINA
  8. PT. Arga Bangun Bangsa
  9. PT. Bank Bukopin, Tbk
  10. PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
  11. PT. Bintang Advis Multimedia (Cek Ricek)
  12. PT. First Media, Tbk
  13. PT. Intellisys Tri Pratama
  14. PT. Jobecs Indonesia
  15. PT. MNC Sky Vision
  16. PT. Rimbun Job Agency
  17. Anteve
  18. Global TV
  19. Indosiar
  20. Metro TV
  21. O Channel
  22. RCTI
  23. SCTV
  24. TPI
  25. Trans 7
  26. Trans TV
  27. TV One
  28. TVE
  29. TVRI
  30. RRI
  31. Bens Radio
  32. Elshinta FM
  33. Tri Jaya FM
  34. detik.com
  35. Indopos
  36. Kompas
  37. kompas.com
  38. Media Indonesia
  39. Poskota
  40. Republika
  41. Mustika Ratu
  42. Adnyana Advertising
  43. BBDO advertising
  44. Dwi Sapta Advertising
  45. PR P&G
  46. PR Unilever

Fasilitas

  • Laboratorium Komputer

  • Laboratorium Mac Book

  • Studio Fotografi

  • Studio Televisi

  • Studio Media Conference

  • Master Control Room TV

  • Studio Radio

  • Studio E-Learning

  • Lapangan Basket

  • Lapangan Futsal

  • Lapangan Voli

  • Perpustakaan

  • BI Corner

  • Tokopedia Corner

  • Masjid Baitul Gafur

  • Arena Wall Climbing

  • Kantin

Testimoni Alumni

Saya memperoleh banyak pengalaman selama kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2012. Dengan memilih peminatan Marketing Komunikasi, kreatifitas dan kemampuan saya semakin terasah. Sharing dengan para dosen dan alumni terkait pekerjaan mereka di bidang komunikasi sangat membantu saya menyiapkan diri memasuki dunia kerja. Semua itu memantapkan saya memilih karir sebagai Content Writer and Social Media yang sangat menjanjikan.

Elvira Rinaldi, S.Ikom, Angkatan 2012, Content Writer and Social Media, PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer

Lulusan terbaik Fakultas Ilmu Komunikasi tahun 2017. Merupakan suatu kebanggaan bagi saya dapat mengenyam pendidikan di Fikom Universitas Esa Unggul. Banyak ilmu yang saya dapatkan selama kuliah dan semuanya sangat bermanfaat karena langsung dapat diaplikasikan di dunia kerja yang mengharuskan saya untuk berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Kemampuan komunikasi yang efektif sangat membantu saya dalam mengembangkan karir.

Vicka Priezhillia, S.Ikom, Angkatan 2013, Human Resource Department, PT Sehati Bangunan Abadi