Project Description

Mahasiswa UEU Abdul Muhyi

Esaunggul.ac.id, Kesempatan untuk menambah pengetahuan ke luar negeri dengan gratis menjadi sebuah impian untuk banyak orang termasuk mahasiswa asal Kabupaten Serang, Provinsi Banten ini.

Abdul Muhyi (18), mahasiswa semester 2 pada Program Studi Public Relation, Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Esa Unggul terpilih akan mengikuti “InspiraTour International Youth Summit 2022” pada 1-10 Agustus mendatang di Turki.

Remaja asal Desa Tonjong, Kecamatan Kramatwatu ini berhasil mengalahkan 5.000 pendaftar dan menjadi salah satu dari 20 peserta yang menerima biaya akomodasi penuh untuk program dari Yayasan Duta Inspirasi tersebut.

InspiraTour International Youth Summit 2022 merupakan salah satu program yang terbuka untuk para pemuda dan pemudi berusia 13-30 tahun di semua negara. Tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk meningkatkan kapasitas pemuda agar berdaya saing global.

“Tahap dan proses seleksi cukup panjang, ada tiga tahapan. Awal pendaftaran di tahap 1 ada sekitar kurang lebih 5 ribu orang (seleksi melalui Google Form) dan yang lolos untuk seleksi tahap 2 hanya 1.700-an (di tahap ini kita ada seleksi Essay). Lalu yang lolos seleksi tahap 2 dari 1.700 peserta itu disaring lagi jadi 100 orang untuk ikut seleksi tahap 3. Dari seleksi tahap 3 yang berupa online interview menggunakan full English diperoleh 20 orang fully funded dan 30 orang self funded,” terang Muhyi.

Abdul Muhyi Saat Tampil di Grand Tourism

Selama di Turki, 50 delegasi tersebut akan melakukan berbagai kegiatan di antaranya menjalankan beberapa Mission X, inspiring talk show dalam perjalanan menuju Cappadocia, mengunjungi KJRI dan melaksanakan International Symposium di KBRI.

Tak hanya itu, para peserta juga akan mengunjungi dua universitas yakni Ankara University dan Istanbul Univeristy serta tempat-tempat bersejarah di Turki seperti Haghia Sophia, Bluemosque, Topkapi Palace, dan Pamukkale.

“Kita akan banyak belajar tentang sejarah dan budaya di Turki. Tak hanya belajar sejarah dan budaya saja tetapi kita juga akan mengeksplor wisata ternama di turki yakni Cappadocia dan Pamukkale. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pemuda agar berdaya saing global. Melalui kegiatan ini kita juga akan mendapatkan banyak teman dari luar negeri dari berbagai latar belakang,” ujar Muhyi.

Dengan pengalaman pergi ke Turki nanti, pemuda yang pernah menjadi salah satu perwakilan dari Provinsi Banten di ajang Mister Miss Grand Tourism Indonesia 2022 ini berkeinginan untuk belajar menambah pengalaman lintas budaya dan membagikan pengalamannya tersebut kepada para pemuda-pemudi di Banten khususnya Kabupaten Serang tempat dirinya tinggal.

“Program ini salah satu jalan untuk saya menggapai impian untuk bisa berkunjung ke luar negeri terlebih lagi Turki adalah salah satu negara yang saya impikan sejak dulu. Selain itu saya akan berbagi pengalaman dengan para pemuda-pemudi khususnya di Kabupaten Serang, melalui pengalaman yang saya bagikan nantinya saya berharap ini bisa menjadi salah satu jalan untuk terlahirnya generasi penerus yang bisa memiliki kemampuan yang baik,” tutup Muhyi.