Marketing Communication2019-09-05T09:23:23+00:00
Marketing Communication

S1 Marketing Communication – Terakreditasi A

Program Studi Marketing Communication membekali pengetahuan tentang strategi kreatif periklanan, ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan, disain komunikasi visual periklanan, komputer disain grafis dan animasi periklanan, teknik kamera elektronik, recording dan editing, fotografi periklanan, produksi iklan cetak dan elektronik, copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya diolah menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain – lain.

Bidang Perminatan

  1. Creative Management
  2. Account & Media Management

Kompetisi Lulusan

Lulusan Program Studi Marketing Communication dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk menerapkan strategi kreatif periklanan dan strategi pemasaran;  merancang ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan;  menggunakan komputer dalam membuat desain komunikasi visual, desain grafis dan animasi periklanan;  menggunakan dan memahami teknik kamera elektronik, melakukan recording dan editing, membuat fotografi periklanan, memproduksi iklan cetak dan elektronik, membuat copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya mengolahnya menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain-lain.

Visi

Pada tahun 2023, mampu menjadi fakultas yang unggul di bidang ilmu komunikasi, mampu membangun jiwa kemandirian, berbasis teknologi informasi serta diperhitungkan di lingkungan Asia Tenggara.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan ilmu komunikasi yang berbasis teknologi informasi dan mampu membangun jiwa kemandirian.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang komunikasi melalui kerjasama dengan pemerintah, media dan institusi lainnya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang komunikasi melalui kerjasama dengan pemerintah, media dan institusi lainnya.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai teori dan konsep-konsep dibidang ilmu komunikasi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan memanfaatkan teknologi informasi.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global di bidang komunikasi.

Program Studi Marketing Communication Universitas Esa Unggul menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi yaitu :
Memiliki kualifikasi sebagai praktisi profesional di bidang periklanan yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis. Memiliki kemampuan komunikasi pemasaran, dan mampu membuat strategi periklanan yang efektif di media publikasi Memiliki kreativitas dan kemampuan membuat desain periklanan local, national, international, institutional, brand, classified, sales, consumer advertising yang informatif, persuasif dan efektif

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence).
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC).
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum.
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi.
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik.
  6. Bimbingan Akademik.
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional.
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif.
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa.
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Periklanan dapat bekerja dan berkarir sebagai di biro periklanan sebagai art director, copywriter, account executive, media planner & buyer, illustrator, marketing communication, lay outer, market researcher, account planner, creative director;  dan bekerja di production house sebagai desainer grafis, dan animator.

Esa Unggul Career Center

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan
  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik ( www.esaunggul.ac.id )
  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  1. Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia)
  2. George Mason University (USA).
  3. BakoHUMAS
  4. Depkominfo
  5. Media On Line P21.com
  6. Perhumas
  7. PERTAMINA
  8. PT. Arga Bangun Bangsa
  9. PT. Bank Bukopin, Tbk
  10. PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
  11. PT. Bintang Advis Multimedia (Cek Ricek)
  12. PT. First Media, Tbk
  13. PT. Intellisys Tri Pratama
  14. PT. Jobecs Indonesia
  15. PT. MNC Sky Vision
  16. PT. Rimbun Job Agency
  17. Anteve
  18. Global TV
  19. Indosiar
  20. Metro TV
  21. O Channel
  22. RCTI
  23. SCTV
  24. TPI
  25. Trans 7
  26. Trans TV
  27. TV One
  28. TVE
  29. TVRI
  30. RRI
  31. Bens Radio
  32. Elshinta FM
  33. Tri Jaya FM
  34. detik.com
  35. Indopos
  36. Kompas
  37. kompas.com
  38. Media Indonesia
  39. Poskota
  40. Republika
  41. Mustika Ratu
  42. Adnyana Advertising
  43. BBDO advertising
  44. Dwi Sapta Advertising
  45. PR P&G
  46. PR Unilever

Fasilitas

Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas studio dan laboratorium seperti:

  • Studio Radio
  • Studio Televisi
  • Laboratorium Mac
  • Perpustakaan

Studio Radio

Studio Televisi

Laboratorium Mac

Perpustakaan

Dosen Pengajar :

  1. Prof. Dr. Kanti Waluyo, M.Sc
  2. Dr. Halomoan Harahap, M.Si
  3. Dr. Syahrial Syarbaini, M.A
  4. Dr. Fajarina, S.I.P, M.Si
  5. Dr. Dra. Rina Marlina, M.Si
  6. Drs. Erman Anom, MM, Ph.D
  7. Drs. Dani Vardiansyah Noor, M.Si
  8. Drs. M Jamiluddin Ritonga, MS.
  9. Sumartono, S.Sos, M.S
  10. Drs. Herry Kuswita, M.Si
  11. Drs. Arifin Saleh Harahap, M.Si
  12. R Hiru Muhammad, S.Sos, M.I.Kom
  13. Euis Heryati, S.Sos. MM, M.Ikom
  14. Drs. Abdurrahman Jemat, MS
  15. Ir. Ario Pamungkas, M.Si
  16. Amar Nugraha, S.Sos. MA
  17. Bugi Satrio Adiwibowo, SE, M.Ikom
  18. Erna Febriani, S.Si, M.Si
  19. Heriyanti, ST, M.Ikom
  20. R. Ahmad Reza Indrayana, S.Sos, M.Ikom
  21. Resman Muharul Tambunan, SE, M.Si
  22. Safiani A. Faaroek, SE, M.Ikom
  23. Sahira Humaira, S.Ikom, M.Si
  24. Yumelda Sari, S.Sos, M.Si
  25. Paundra Jhalugilang, S.Hum, M.Si
  26. Arie Nugraha, S.Sos, M.Si
  27. Andi Youna C. Bachtiar, S.S, M.Ikom
  28. Irma Roosmala Dewi, S.IP, M.Si
  29. Vience Mutiara Rumata, S.Sos, MGMC
  30. Euis Nurul B, SE., M.Si
  31. Drs. Aliaras Wahid, MM
  32. Erwan Baharudin, S.Sos, M.Si
  33. Indra Jaya, SE, M.Si
  34. Ikbal Rachmat, ST, MT
  35. Waslam, S.S, M.Si
  36. Bambang Sujati, SE, MM
  37. Dra. Sarah Santi, M.Si
  38. Defri Dahler, SE, MM

Testimoni Alumni

Saya memperoleh banyak pengalaman selama kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2012. Dengan memilih peminatan Marketing Komunikasi, kreatifitas dan kemampuan saya semakin terasah. Sharing dengan para dosen dan alumni terkait pekerjaan mereka di bidang komunikasi sangat membantu saya menyiapkan diri memasuki dunia kerja. Semua itu memantapkan saya memilih karir sebagai Content Writer and Social Media yang sangat menjanjikan.

Elvira Rinaldi, S.Ikom, Angkatan 2012, Content Writer and Social Media, PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer

Lulusan terbaik Fakultas Ilmu Komunikasi tahun 2017. Merupakan suatu kebanggaan bagi saya dapat mengenyam pendidikan di Fikom Universitas Esa Unggul. Banyak ilmu yang saya dapatkan selama kuliah dan semuanya sangat bermanfaat karena langsung dapat diaplikasikan di dunia kerja yang mengharuskan saya untuk berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Kemampuan komunikasi yang efektif sangat
membantu saya dalam mengembangkan karir.

Vicka Priezhillia, S.Ikom, Angkatan 2013, Human Resource Department, PT Sehati Bangunan Abadi