Humas

S1 Humas – Terakreditasi A Nasional (BAN-PT) dan Terakreditasi Internasional (ASIC)


Hubungan Masyarakat (public relation) adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/organisasi. Public relation (humas) bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. PR adalah ahli komunikasi yang dapat membawa perusahaan/industri/organisasi/tokoh menjadi populer, berkembang pesat, solid, dan mendapat dukungan. Secara Internal perusahaan menjadi pusat informasi perusahaan/industri/organisasi sehingga mampu mendinamisasi, motivator dan menciptakan iklim organisasi yang kondusif sesuai dengan tuntutan zaman. Sedangkan secara eksternal menjadi manager komunikasi dari pimpinan/perusahaan dalam menghadapi pers dan masyarakat. Seorang PR diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.

Kompetisi Lulusan
Lulusan Program Studi Hubungan Masyarakat (Public Relations) Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi; memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi; membawa individu ataupun organisasi menjadi populer, berkembang pesat, solid, dan mendapat dukungan; secara internal organisasi menjadi pusat informasi organisasi sehingga mampu mendinamisasi, motivator dan menciptakan iklim organisasi yang kondusif sesuai dengan tuntutan zaman; secara eksternal organisasi menjadi manager komunikasi dalam menghadapi pers dan masyarakat; dan membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.
Menyusun perencanaan dan melakukan analisis atas problema komunikasi kehumasan yang berorientasi kepada customer relation management. Menjadi tenaga profesional yang handal di bidang pemasaran dan kehumasan dalam komunikasi publik media massa dan multimedia.

Visi

Pada tahun 2033, mampu menjadi fakultas yang unggul di bidang ilmu komunikasi, mampu membangun jiwa kemandirian, berbasis teknologi informasi serta diperhitungkan di lingkungan Asia Tenggara.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan ilmu komunikasi yang berbasis teknologi informasi dan mampu membangun jiwa kemandirian.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang komunikasi melalui kerjasama dengan pemerintah, media dan institusi lainnya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang komunikasi melalui kerjasama dengan pemerintah, media dan institusi lainnya.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai teori dan konsep-konsep dibidang ilmu komunikasi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan memanfaatkan teknologi informasi.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global di bidang komunikasi.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence).
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC).
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum.
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi.
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik.
  6. Bimbingan Akademik.
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional.
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif.
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa.
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Hubungan Masyarakat dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah maupun swasta (BUMN, hotel, rumah sakit, pemerintah daerah, partai politik, travel, dan lain-lain) sebagai manajer humas profesional (public relation officer); pembawa acara atau presenter; protokoler kenegaraan atau swasta; event organizer (business, entertainment, social marketing); publishing (coordinator, copywriter, graphic artist, designer); corporate secretary (juru bicara, konseptor dan penasehat bagi CEO); promotion coordinator (komersial, sosial); public relation consultant; community development; koordinator hubungan dengan pers; koordinator kampanye bisnis dan politik.

Prospek Profesi Lulusan lainnya :

  1. Pejabat Humas Profesional (Public Relations Officer) di perusahaan Swasta, Departemen, Hotel, Rumahsakit, Pemda, Partai, Travel.
  2. Pembawa Acara : Presenter.
  3. Protokoler Kenegaraan atau Swasta.
  4. Event Organizing : Business, Entertainment, Social Marketing.
  5. Publishing: Coordinator, Copywriter, Graphic Artist, Designer.
  6. Sekretaris Pimpinan: Juru Bicara, Konseptor pimpinan, Penasehat pimpinan.
  7. Promotion Coordinator : Komersial, Sosial.
  8. Consultant Public Relations.
  9. Pengembangan Masyarakat (Community Development).
  10. Koordinator Hubungan dengan Pers.
  11. Koordinator Kampanye Business dan Politik.
  12. Mediator/Negotiator

Esa Unggul Career Center :

  • Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan.
  • Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik ( www.esaunggul.ac.id ).
  • Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni.
  • Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  1. Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia)
  2. George Mason University (USA).
  3. BakoHUMAS
  4. Depkominfo
  5. Media On Line P21.com
  6. Perhumas
  7. PERTAMINA
  8. PT. Arga Bangun Bangsa
  9. PT. Bank Bukopin, Tbk
  10. PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
  11. PT. Bintang Advis Multimedia (Cek Ricek)
  12. PT. First Media, Tbk
  13. PT. Intellisys Tri Pratama
  14. PT. Jobecs Indonesia
  15. PT. MNC Sky Vision
  16. PT. Rimbun Job Agency
  17. Anteve
  18. Global TV
  19. Indosiar
  20. Metro TV
  21. O Channel
  22. RCTI
  23. SCTV
  24. TPI
  25. Trans 7
  26. Trans TV
  27. TV One
  28. TVE
  29. TVRI
  30. RRI
  31. Bens Radio
  32. Elshinta FM
  33. Tri Jaya FM
  34. detik.com
  35. Indopos
  36. Kompas
  37. kompas.com
  38. Media Indonesia
  39. Poskota
  40. Republika
  41. Mustika Ratu
  42. Adnyana Advertising
  43. BBDO advertising
  44. Dwi Sapta Advertising
  45. PR P&G
  46. PR Unilever

Fasilitas

  • Laboratorium Komputer

  • Laboratorium Mac Book

  • Studio Fotografi

  • Studio Televisi

  • Studio Media Conference

  • Master Control Room TV

  • Studio Radio

  • Studio E-Learning

  • Lapangan Basket

  • Lapangan Futsal

  • Lapangan Voli

  • Perpustakaan

  • BI Corner

  • Tokopedia Corner

  • Masjid Baitul Gafur

  • Arena Wall Climbing

  • Kantin