Esaunggul.ac.id, Empat dosen Universitas Esa Unggul yakni Dr.Ummanah,S.Sos,M.Si, Dr. Ari anggarani WPT,SE,MM, Dwi Wahyuningsih,SE,M.Ak,  Yuliati, S.Kep,M.Kep,MM menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Merak, Sukamulya, Balaraja Tangerang. Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2022.

Salah dosen yang ikut dalam Pengabdian Masyarakat ini, Dr.Ummanah,S.Sos,M.Si mengatakan kegiatan dilaksanakan sebagai sarana yang  untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mengingatkan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengenai produk-produk dan merek-merek yang dijual.

“Banyak sekali kesulitan yang dialami oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah terutama daerah-daerah yang jauh dari pusat kota untuk memasarkan produk mereka, untuk itu kita menyasar pada masyarakat yang memiliki UMKM untuk membantu peningkatan pemasaran,” terangnya.

Hal pertama yang menjadi tujuan dari Komunikasi Pemasaran suatu produk yakni Koneksi. Menurutnya, Komunikasi pemasaran menghubungkan bisnis kecil Anda dengan pelanggan Anda. Baik itu berkomunikasi secara langsung (tatap muka) atau melalui forum media sosial tempat Anda bertukar ide, sarana komunikasi membuat Anda tetap terhubung dengan konsumen. Ini membantu Anda membangun bisnis Anda, membangun rasa kepercayaan dan keakraban, dan mendorong bisnis yang berulang dan rujukan.

“Kedua yakni Masukan Meminta masukan pelanggan membuat konsumen merasa diinvestasikan dalam bisnis Anda, karena Anda menunjukkan kepada mereka bahwa pendapat mereka penting. ketiga Branding Setiap jenis komunikasi pemasaran yang Anda hasilkan dan distribusikan berfungsi untuk memperkuat merek perusahaan Anda. keempat, Layanan Komunikasi pemasaran yang efektif membantu Anda meningkatkan tingkat layanan pelanggan, kelima Penjualan,  Sasaran akhir komunikasi pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan perusahaan Anda,” ucapnya.

Dirinya pun membagikan Lima Strategi Pemasaran yang Efektif Untuk UMKM, pertama menurut Ummanah yakni Ciptakan Produk Yang Unik Sebelum melakukan promosi, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan produk yang unik dibanding produk yang dimiliki kompetitor. kedua yakni Buat Tujuan Iklan yang Jelas, Setelah membuat produk yang unik, langkah selanjutnya yaitu membuat tujuan iklan yang jelas. Dengan tujuan yang jelas, akan mempermudah Anda untuk mencapai tujuan iklan.

“Ketiga Lakukan online marketing Mempunyai UMKM yang sukses dan dikenal oleh banyak orang, menjadi impian setiap pemilik UMKM, keempat Buat Promo Menarik dan yang kelima Konsisten Strategi pemasaran bisnis UMKM anda yang terakhir yaitu konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran yang di gunakan, dimana tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap UMKM anda,” terangnya.

Selain memberikan tema terkait Kompetensi Komunikasi bagi UMKM, Tim Dosen UEU pun mempresentasikan sejumlah tema lainya yakni Pelatihan dan Pendampingan Kompetensi Pengetahuan & Peningkatan Skill Damapak  Limbah Industri UMKM di Desa Merak,
Kecamatan  Sukamulya, Tanggerang, Mengelola Keuangan Usaha Kecil, dan Perpajakan UMKM.