Digital Content Creation

S1 Digital Content Creation – Terakreditasi Nasional (BAN-PT)


Digital Content Creation merupakan salah satu peminatan dalam bidang ilmu komunikasi yang secara khusus mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional dalam melakukan riset, mencari, menulis, memproduksi dan mendistribusikan konten digital yang kreatif, strategis, berbasis fakta dan sesuai dengan kebutuhan industri komunikasi. Peminatan ini lahir atas respons terhadap transformasi digital di dunia jurnalistik dan perkembangan pesat platform media sosial serta kebutuhan industri terhadap talenta digital yang mampu menghasilkan konten berkualitas dan berbasis fakta.

Peminatan ini mengintegrasikan pengetahuan komunikasi khususnya bidang ilmu jurnalistik dengan keterampilan teknis seperti memproduksi konten multimedia, pengelolaan platform digital serta penggunaan kecerdasan buatan (AI) yang beretika dalam kreasi konten dan kemampuan bisnis digital. Mahasiswa akan dibekali pemahaman tentang perkembangan teknologi komunikasi, proses jurnalistik, literasi digital dan etika siber, branding media dan monetisasi konten serta analitik media digital.

Visi

Pada tahun 2028, menjadi Fakultas yang unggul dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu komunikasi yang berlandaskan etika, kreativitas, inovasi, jiwa wirausaha, serta berdaya saing internasional, dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi di bidang ilmu komunikasi yang beretika, kreatif, inovatif, dan aplikatif di dunia industri.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu komunikasi berlandaskan pemikiran kritis, analitis, etis dan berkontribusi terhadap perkembangan ilmu komunikasi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan isu isu komunikasi dan berorientasi pada tujuan pembangunan berkelanjutan.
  4. Mewujudkan lingkungan akademik yang kondusif untuk mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, membangun interaksi yang produktif serta pengembangan potensi diri mahasiswa dan dosen.
  5. Membangun kemitraan strategis dengan pemangku kepentingan di tingkat nasional dan internasional dalam pengembangan ilmu komunikasi.
  6. Menerapkan tata kelola fakultas yang responsif, akuntabel, dan berorientasi pada keunggulan mutu manajerial.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi mutakhir dan mampu bersaing di dunia industri pada tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis fenomena komunikasi serta memberikan solusi yang relevan, inovatif, dan beretika.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menciptakan lapangan kerja di bidang komunikasi, baik secara mandiri maupun kolaboratif, di tingkat nasional maupun internasional.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence).
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC).
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum.
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi.
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik.
  6. Bimbingan Akademik.
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional.
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif.
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa.
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profil Lulusan

  1. Communication Officer:
    – Social Media Specialist
    – Digital Journalist
  2. Communication Analyst
    – Social Media Analyst
    – Digital Data Analyst
  3. Communication Entrepreneur:
    – Content Creator
    – Professional Podcaster

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  1. Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia)
  2. George Mason University (USA).
  3. BakoHUMAS
  4. Depkominfo
  5. Media On Line P21.com
  6. Perhumas
  7. PERTAMINA
  8. PT. Arga Bangun Bangsa
  9. PT. Bank Bukopin, Tbk
  10. PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
  11. PT. Bintang Advis Multimedia (Cek Ricek)
  12. PT. First Media, Tbk
  13. PT. Intellisys Tri Pratama
  14. PT. Jobecs Indonesia
  15. PT. MNC Sky Vision
  16. PT. Rimbun Job Agency
  17. Anteve
  18. Global TV
  19. Indosiar
  20. Metro TV
  21. O Channel
  22. RCTI
  23. SCTV
  24. TPI
  25. Trans 7
  26. Trans TV
  27. TV One
  28. TVE
  29. TVRI
  30. RRI
  31. Bens Radio
  32. Elshinta FM
  33. Tri Jaya FM
  34. detik.com
  35. Indopos
  36. Kompas
  37. kompas.com
  38. Media Indonesia
  39. Poskota
  40. Republika
  41. Mustika Ratu
  42. Adnyana Advertising
  43. BBDO advertising
  44. Dwi Sapta Advertising
  45. PR P&G
  46. PR Unilever

Fasilitas

  • Laboratorium Komputer

  • Laboratorium Mac Book

  • Studio Fotografi

  • Studio Televisi

  • Studio Media Conference

  • Master Control Room TV

  • Studio Radio

  • Studio E-Learning

  • Lapangan Basket

  • Lapangan Futsal

  • Lapangan Voli

  • Perpustakaan

  • BI Corner

  • Tokopedia Corner

  • Masjid Baitul Gafur

  • Arena Wall Climbing

  • Kantin