Esaunggul.ac.id, Guna mendorong peningkatan kualitas suasana akademis dan peningkatan reputasi akademik Dr.Iswadi, M. Pd. Akademisi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul memberikan materi Metode Penelitian Kualitatif Dengan Jenis Pendekatan Studi Kasus pada acara Pelatihan Metode Penelitian Dan Karya Tulis Ilmiah menuju publikasi jurnal yang terindeks Kemenristek dikti bagi mahasiwa se Indonesia . Kegiatan dilaksanakan secara daring pada Hari Sabtu tanggal 11 Maret 2023 yang diadakan oleh Yayasan Al-Mubarrak Fil-Ilmi,

Ini kegiatan rutin yang kita laksanakan, guna terus memperkuat metodologi, karena hal tersebut merupakan permasalahan di kalangan mahasiswa Indonesia. Hal ini agar kemampuan mahasiswa menuju publikasi jurnal yang terindeks Kemenristek dikti dapat terus meningkat,” ujar Pria kelahiran Desa masjid Laweueng Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie Povinsi Aceh tersebut.

Dalam pemaparannya Dr. Iswadi, M. Pd mengatakan kebijakan pendidikan tinggi dalam publikasi artikel mahasiswa di jurnal ilmiah. menjadi tantangan pendidikan tinggi Indonesia dan akselerasi publikasi artikel mahasiswa di jurnal ilmiah dapat ditopang dengan kebijakan penguatan skill penggunaan aplikasi pengutipan, penyelanggaraan kelas penulisan, kewajiban mahasiswa melakukan publikasi artikel di jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan menjadi sarjana, dan penghargaan pencapaian publikasi artikel mahasiswa di jurnal ilmiah.

Akademisi yang juga politisi muda tersebut menambahkan Mahasiswa merupakan Harapan Bangsa olehkarena itu kami akan terus Berkomitmen Memberikan Bantuan Latihan Penulisan Artikel Ilmiah karena Menulis artikel ilmiah merupakan tantangan bagi mahasiswa yang merupakan harapan bangsa. Tantangan ini dihadapi oleh seluruh mahasiswa di semua negara di tengah keberlangsungan dunia yang kompetitif. Oleh karena itu, pendidikan tinggi di berbagai negara melakukan upaya-upaya strategis dalam rangka menghadapi tantangan tersebut dengan menciptakan praktik-praktik terbaik. Pendidikan tinggi maju di berbagai negara membuka kelas penulisan. Semula, kelas-kelas itu berlangsung informal yang diselenggarakan komunitas menulis. Sejak 1980-an, kelas-kelas menulis mulai berdiri formal di berbagai pendidikan tinggi. Kelas menulis berperan memberikan bantuan kepada mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Mahasiswa melaksanakan latihan tahap demi tahap mengacu pada panduan. Pelatih melakukan Review untuk memastikan peningkatan kualitas tulisan sejak setoran paragraph pertama hingga penulisan artikel selesai. Latihan melalui pola feedback (umpan balik) diterapkan untuk memastikan keberhasilan dalam bentuk penerbitan artikel di jurnal ilmiah.

Akademisi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul tersebut mengatakan Menulis artikel ilmiah di lingkungan mahasiswa juga sedang terus digelokaran di Indonesia. Kenyataan ini akan terus berlangsung dan kita juga akan terus getol menyelenggarakan kelas-kelas menulis bagi lingkungan mahasiswa dan hal tersebut sudah kita laksanakan sejak tahun 2022. Kita meniru pelaksanaan kelas-kelas menulis dari pendidikan tinggi di berbagai negara. Ternyata hasilnya efektif di mana sejumlah mahasiswa berhasil publikasi artikel di jurnal ilmiah. Dipastikan kegiatan kelas menulis terus dikembangkan hingga terwujud budaya kondusif. Mula-mula mahasiswa diliatih hingga sukses dan berhasil untuk kemudian berperan mendampingi teman sebaya dan teman sejawat untuk kesuksesan dan keberhasilan yang sama. Kelas-kelas menulis di lingkungan mahasiswa terus didorong supaya dapat menyelenggarakan pelatihan secara reguler, di mana targetnya agar seluruh mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk berlatih. Hingga akhirnya menjelma komunitas-komunitas penulisan artikel ilmiah di lingkungan mahasiswa, terhimpun naskah-naskah artikel mahasiswa siap terbit, dan banjir publikasi artikel di jurnal ilmiah dari lingkungan mahasiswa.

Sejauh ini seluruh jajaran Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul dan Yayasan Al-Mubarrak Fil-Ilmi, terus berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa harapan bangsa dalam perjuangan mereka menghadapi tantangan penulisan artikel ilmiah. Hal yang bisa didapatkan oleh kalangan mahasiswa yakni peningkatan kapasitas penulisan artikel ilmiah dan pendampingan publikasi artikel di jurnal ilmiah. Ini menjadi langkah strategis yang diambil oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul dan Yayasan Al-Mubarrak Fil-Ilmi sambil terus menggali praktik terbaik dalam rangka menyiapkan mahasiswa generasi hebat menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Acara webinar tersebut Telah dilaksanakan Yayasan Al-Mubarrak Fil-Ilmi yang bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul dan Universitas Sulawesi Tenggara serta Universitas Bina Bangsa Getsempena, dengan tema : Pelatihan Metode Penelitian Dan Karya Tulis Ilmiah, dan diikuti oleh ratusan perwakilan mahasiswa dari seluruh Indonesia ,Acara tersebut diawali dengan sambutan ketua Yayasan Al-Mubarrak Fil-Ilmi, Dr.Maulizan Yang juga merupakan Akademisi dari FKIP Univ. Bina Bangsa Getsempena kemudian dilanjutkan oleh Dr.Iswadi, M. Pd. Akademisi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul dengan judul materi Metode Penelitian Kualitatif Dengan Jenis Pendekatan Studi Kasus , acara ini terbilang cukup berhasil dalam menghadirkan perwakilan Mahasiswa dari seluruh Indonesia dan dipandu oleh MC Tuhfah Humairoh yang juga Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Stkip Kusuma Negara, dengan operator Asyifa Aulia , dan moderator utama Rahima Sukma yang berasal dari Pengurus Solidaritas Pemersatu Bangsa Indonesia (SPBI), kemudian dilanjutkan oleh pembicara kedua Kepala LPPM Universitas Bina Bangsa Getsempena Dr. Syarfuni, M.Pd, , dengan Judul : Strategi menulis artikel ilmiah terindeks Kemenristek dikti dengan moderator Nuruzzahroh Subhiyah dan diakhiri oleh pembicara ketiga Dr. Ahmad Rustam, M.Pd.dari Universitas Sulawesi Tenggara dengan Judul metode penelitian kuantitatif dan dipandu oleh moderator Sri Lela Mahasiswi PGSD FKIP Universitas Esa Unggul demikian Iswadi (Tasbir)