Esaunggul.ac.id, Pernahkah Anda merasakan kesulitan dalam menjual produk atau sudah mempromosikan produk sesering mungkin, tapi hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan? Bisa jadi pendekatan komunikasi yang Anda lakukan kurang tepat atau salah. Sebaiknya lakukan strategi marketing communication agar penjualan produk meningkat. Lalu, apa itu marketing communication dan bagaimana contoh penerapannya?

Marketing communication adalah bentuk komunikasi yang secara informatif dan persuasif mempromosikan produk atau layanan tertentu. Dengan marketing communication, kontak antara perusahaan dan pelanggan bisa jadi semakin mudah.

Memiliki peran yang besar, ada sejumlah manfaat yang didapatkan dari marketing communication atau komunikasi pemasaran. Selain untuk promosi, iklan dan perkenalan brand, komunikasi pemasaran juga berguna untuk membangun image, pemasaran langsung, serta peningkatan penjualan dan keuntungan.

Contoh Penerapan Marketing Communication

Bagaimana konsumen dapat mempercayai kualitas produk maupun layanan bila tidak ada bukti atau mencobanya terlebih dahulu? Salah satu cara yang dilakukan perusahaan terkenal, seperti YouTube, adalah memberikan masa percobaan satu bulan untuk berlangganan YouTube Premium (layanan tanpa iklan). Dengan mencoba layanan tersebut, pelanggan bisa tahu bagaimana rasanya berlangganan YouTube Premium.

Hal serupa juga dilakukan oleh Spotify (layanan streaming musik). Kedua platform tersebut tidak hanya memberikan gratis masa coba, pelanggan juga bisa mendapatkan potongan harga sesuai dengan promo yang berlaku, seperti promo khusus pelajar atau mahasiswa.

Mengapa Marketing Communication Itu Penting?

  1. Membentuk Brand Awareness

Marketing communication berfungsi penting untuk membentuk brand awareness di kalangan masyarakat. Tak peduli perusahaan lama atau baru, brand awareness perlu dibangun agar suatu produk atau layanan lebih dikenal eksistensinya.

  1. Mengubah Citra Perusahaan serta Produk atau Layanan Jasanya

Selain itu, marketing communication dapat mengubah pandangan atau persepsi publik terhadap suatu produk/ layanan. Pasalnya, beberapa kesalahpahaman berkenaan tarif, fitur, cara penggunaan dsb dari sebuah produk/ layanan kerap terjadi di kalangan masyarakat. Itulah sebabnya marketing communication yang tepat dapat menginformasikan dengan akurat dari manfaat suatu produk, serta citra dari perusahaan. Dengan demikian, arahan untuk membeli produk atau menggunakan suatu jasa pun bisa diberikan kepada publik.

  1. Membujuk Konsumen Melakukan Transaksi

Selanjutnya, marketing communication juga berguna untuk memotivasi konsumen agar datang lagi/ menggunakan kembali, serta melakukan pembelian berulang di kemudian hari. Langkah ini dapat diterapkan dengan cara membuat iklan yang membujuk, dengan menggarisbawahi apa saja manfaat dan keunggulan dari penggunaan sebuah produk atau layanan jasa daripada yang ditawarkan pesaing lainnya.