Esaunggul.ac.id – Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Presentasi disebut juga komunikasi yang dilakukan oleh satu orang atau satu kelompok yang bisa dilakukan menggunakan suara, gambar, atau bahasa tubuh (body language). Sebagian besar mahasiswa pasti akan merasakan presentasi di depan kelas, baik perorangan maupun kelompok. Ada beberapa tipa presentasi ala Steve Jobs, sebagai berikut:

  1. Pahami Poin Terpenting dalam Presentasi

Bagi Steve Job, presentasi yang efektif yaitu yang mengetahui dan memahami satu poin yang paling terpenting dalam presentasi. Karena pada dasarnya, manusia tidak bisa menyampaikan banyak poin dalam satu waktu. Pastikan kamu sudah menguasai satu poin penting saat melakukan presentasi.

  1. Ingat, Bahwa Audiens ingin Mengetahui Sesuatu dari Kita

Pesan Steve Jobs yaitu jangan sampai audiens kecewa dengan apa yang kita sampaikan. Diperlukan ketenangan saat melakukan presentasi bisa membantu mengurangi berbelit – belit dalam penyampaian. Sampaikan point terpenting apa yang ingin audiens dengar dengan jelas dan rinci, sehingga bisa efektif penyerapan ke audiens.

  1. Menjalin Koneksi secara Pribadi dengan Audiens

Cara ini cukup mudah, dengan menyebut nama audiens saja sudah bisa menjalin hubungan baik selama presentasi berlangsung. Koneksi yang kuat bisa membangun rasa empati dari ati audiens, ha ini bisa mengundang hati dan pikiran audiens untuk menyerap informasi yang kita bicarakan selama presentasi.

  1. Pertahankan AudiensTetap Fokus bahwa Kita Pembicara dalam Presentasi

Steve Jobs menyarankan untuk tetap memberitahukan kepada audiens bahwa kita adalah pemberi materi presentasi tersebut. Hal ini dimaksudkan agar audiens tidak bosan melihat isi materi saja. Perlu juga diingat kembali bahwa presentasi yang efektif adalah adanya kemistri antara audiens dengan pembicara. Dengan demikian pertahankan fokusnya auiens selain pada materi presentasi juga pada penyampai presentasi atau materi.

Sobat unggul, bisa nih di praktikan dalam kelas ketika sedang melakukan presentasi. Tips ini bisa digunakan dan diaplikasikan sesuai dengan gaya presentasi kamu masing – masing. Selamat mencoba dan semangat belajar sobat unggul!