Dari Parade Budaya Hingga Panggung Musik, Begini Kemeriahan PKKMB 2019

Salah Satu Maskot di Ajang PKKMB 2019

Esaunggul.ac.id, Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) baru saja selesai dilaksanakan pada tanggal 27-29 Agustus 2019. Sebanyak 1779 mahasiswa baru Universitas Esa Unggul mengikuti jalannya PKKMB yang dahulu lebih dikenal dengan Esgul Welcoming Days.

Ketua Pelaksana PKKMB 2019, Rayi Damar Gusti menerangkan tahun ini PKKMB 2019 mengambil tema Adhigana Nusantara yang berarti menjadi Insan Unggul Indonesia. Menurut Ray, dipilihnya tema tersebut dikarenakan Universitas Esa Unggul merupakan sebuah miniatur Indonesia yang memiliki mahasiswa dari berbagai daerah, untuk itu Universitas Esa Unggul sebagai sebuah Instansi Pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas intelektual dan daya saing kepada masyarkat Indonesia.

“Cerminan dari tema kami yakni Adhiguna Nusantara terlihat dari Mahasiswa Esa Unggul yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia, beragamnya budaya, suku dan bahasa di Indonesia tentunya harus ditingkatkan dengan kualitas manusianya agar mampu memiliki kualitas serta daya saing yang tinggi,” ujar Ray.

Dari Rektor, Warek III, Ketua BEM hingga Ketua Pelaksana PKKMB saat menyampaikan Sambutan

Ray pun menambahkan dalam PKKMB 2019 Universitas Esa Unggul, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan bersifat edukasi, informatif dan Fun, dalam tidak ada kegiatan bersifat perpeloncoan antar senior dan junior.

“Kegiatan kami berlangsung Full edukasi dan penguatan terhadap ideologi negara, tidak ada kegiatan perpeloncoan antar senior dengan junior. Kami ingin memanfaatkan momentum ini untuk lebih mengakrabkan dan memberikan informasi kepada keluarga baru kami yakni mahasiswa baru Universitas Esa Unggul,” tuturnya.

Hari Pertama dan Kedua PKKMB

Atraksi dari sejumlah UKM

Acara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru, (PKKMB) 2019, Universitas Esa Unggul, digelar di pelataran kampus UEU kebon Jeruk, Selasa (27/08). Dalam sambutan Pembukaan PKKMB 2019, Rektor Universitas Esa Unggul, Dr.Ir. Arief Kusuma, M.B.A. mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Esa Unggul. Dirinya pun mengatakan PKKMB ini merupakan rangkaian kegiatan dari penyambutan mahasiswa Esa Unggul, setelah Training ESQ, Pre University dan Pre education yang diselenggarakan 19-22 Agustus.

“Kegiatan PKKMB kita ini merupakan salah satu orietansi mahasiswa baru yang selalu diselenggarakan oleh Esa Unggul setiap tahunnya, anda sebagai mahasiswa akan mengenal secara fisik Esa Unggul yang akan menjadi tempat kalian menimba ilmu selama empat tahun ke depan,” ujarnya.

Rektor pun mengharapkan dari kegiatan PKKMB yang mengambil tema Adhiguna Nusantra dapat menguatkan nilai-nilai kebangsaan dan persatuan bangsa yang saat ini mengalami degradasi akibat perbedaan politik, agama dan sosial.

“Kami berharap kalian mahasiswa baru mampu menjadi generasi yang mempersatukan indonesia. Ada banyak masalah , yang dihadapi oleh bangsa Indonesia mulai dari ketidakpercayaan satu dengan yang lain , perbedaan agama, politik dan sosial yang dapat memperlebar perpecahan, intinya adalah kegiatan ini harus mengajarkan kalian menghargai value dalam berbagngsa dan bernegara,” ucapnya.

Di hari pertama peyelenggaran PKKMB acara dibuka dengan Parade Budaya yang dilaksanakan dengan mengelilingi kampus. Hal menarik yang dapat dilihat ialah setiap fakultas memiliki maskot unik masing-masing. Maskot-maskot tersebut menggunakan baju adat dari sejumlah daerah di Indonesia. Acara secara resmi dibuka dengan pembunyian angklung oleh Rektor beserta jajaran, Panitia PKKMB dan BEM Esa Unggul.

Selepas acara pembukaan para peserta PKKMB pun diarahkan untuk mengikuti seminar mahasiswa 4.0 yang diberikan oleh LLDKTI, Seminar Pengenalan: Nilai-nilai bela negara oleh Kemenhan dan Seminar Berbangsa dan bernegara oleh MPR RI. Dihari kedua penyelenggaran, acara dilanjutkan dengan sejumlah atraksi dan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa. Selain itu, di hari kedua acara di fokuskan kepada pengenalan Fakultas dan Program Studi.

Penutup Manis di PKKMB 2019

Sejumlah Pembicara Seminar dalam PKKMB 2019

Seperti tradisi pada PKKMB Universitas Esa Unggul sebelumnya, acara penutupan PKKMB tahun pun dilaksanakan dengan meriah. Hal ini terlihat dari meriahnya panggung Musik yang menghadirkan musisi ibu kota yang saat ini sedang naik daun yakni Diskopantera. Sebelum, para peserta diarahkan ke panggung utama, para mahasiswa pun terlebih dahulu mengikuti seminar terkait Pencegahan Radikalisasi, Napza dan Anti Korupsi.

Ketua BEM Universitas Esa Unggul, Rahmat Effendi mengatakan sejumlah seminar dengan tema pilihan tersebut untuk mencegah generasi muda terutama para mahasiswa baru agar tidak terpengaruh sejumlah hal negatif yang saat ini sedang berkembang seperti radikasliasi, Narkoba dan Korupsi. Ketiga hal tersebut, menurut Rahmat sangat rentan menjangkiti para mahasiswa baru yang belum mempunyai pondasi yang kuat.

“Jadi seminar-seminar yang kita pilihkan untuk para mahasiswa baru sebagai landasan dan pondasi mereka agar tidak terpengaruh hal-hal negatif, contoh radikalisme yang saat ini sedang gencar terjadi di masyrakat, apa yang bisa dilakukan generasi muda yakni dengan memperkuat ideologi bangsa, yaitu pancasila,” ujarnya.

Dirinya pun mengharapkan dengan sejumlah kegiatan PKKMB di hari pertama hingga ketiga mampu memberikan manfaat yang sangat besar kepada kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik sehingga mampu menghasilkan insan-insan indonesia yang unggul seperti tema PKKMB 2019 yakni Adhiguna Nusantara.

“Mudah-mudahan masa-masa Pengenalan Kehidupan Kampus kepada mahasiswa baru menjadi momentum yang tepat bagi mereka untuk menggali sejumlah hal terkait potensi yang mereka miliki sehingga mampu menghasilkan insan yang unggul dan berdaya saing tinggi,” tutupnya.

Suasana Saat Penutupan PKKMB Ahigana Nusantara

Selain itu, para peserta PKKMB pun diperkenalkan sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Esa Unggul. Sejumlah UKM pun memperkenalkan program mereka dengan mendirikan stan-stan UKM dipelataran timur kampus Esa Unggul Kebon Jeruk. UKM-UKM yang mendirikan stan pun terlihat diserbu oleh banyak mahasiswa baru, UKM yang ikut mendirikan stan diantaranya UKM Tari Tradisional, UKM Kempo, UKM Vollyball, UKM Himpala, KSR, Basket, Karate, UKM Band dan UKM Pramuka.

Panggung musik yang diisi oleh Diskopantera dilaksanakan pada sore harinya, yang terlebih dahulu dimulai dengan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ari Pambudi, S.Kom, M.Kom, dilanjutkan dengan Ketua BEM dan Ketua Pelaksana PKKMB 2019. Sampai jumpa di PKKMB 2020.

2019-09-09T04:44:02+00:00

Leave A Comment